Peresmian Bersama 10 MALL Pelayanan Publik

BONDOWOSO, KLIKTODAY.CO.ID Pj Bupati Bondowoso, Drs. Bambang Soekwanto, M.M. hadiri Peresmian 10 Mall Pelayanan Publik (MPP) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas yang berlangsung di Jakarta, Selasa (31/10/2023).

MPP sendiri adalah konsep pelayanan publik terintegrasi di mana pada satu tempat melayani ratusan izin/dokumen yang dibutuhkan warga serta dunia usaha.

Anas mengatakan, saat ini porsi MPP semakin merata antara kota/kabupaten besar di Pulau Jawa dan luar Jawa. “Sekarang sudah 50 persen di Jawa dan 50 persen di luar Jawa. Kualitas pelayanan publik semakin merata, sudah Indonesia-sentris, artinya pelayanan yang baik tidak hanya kita jumpai di Jawa, tapi juga di banyak daerah di luar Jawa,” papar Anas.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bondowoso Hadiri Penandatanganan Perjanjian Kinerja dan Pakta Integritas Tahun 2024

Anas menjelaskan, pengembangan MPP harus terus diakselerasi, beriringan dengan kehadiran MPP Digital. “Layanan langsung berbasis fisik, direct services, tetap diperlukan karena belum semua bisa menempuh layanan digital,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bondowoso Secara Simbolis Serahkan Bantuan Mobil Dinas Kepada Danyonif Raider 514/SY Kostrad

Untuk mempercepat pengembangan MPP, Anas menambahkan, kini Kementerian PANRB telah melakukan transformasi regulasi. Di antaranya MPP tidak harus berada di gedung baru, dan tidak mewajibkan luasan minimal.

Selanjutnya Menpan-RB berharap kepada seluruh Kepala Daerah baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mempercepat keberadaan MPP guna memberi kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses pelayanan publik.

“Kehadiran MPP di tengah masyarakat diharapkan mampu memberikan keterjangkauan akses dalam pelayanan publik dan juga mendorong kemudahan dalam aktivitas berusaha di daerah,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Pemerintah Desa Mandiro menggelar Musrenbang tahun anggaran 2025.

Pj Bupati Bondowoso yang turut hadir pada acara peresmian tersebut mengungkapkan rencananya untuk segera menindaklanjuti harapan Menpan-RB dan segera menyediakan MPP bagi masyarakat Bondowoso.

“Ini (keberadaan MPP) sangat penting demi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat Bondowoso, kita harus segera sediakan.” ungkap Pj Bupati Bondowoso