TNI  

Dandim 0822 Hadir Dibalai Desa Tapen Bondowoso, Berikan Pembinaan dan Wawasan Kebangsaan

banner 468x60

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., hari ini hadir di Balai Desa Tapen Jl. Raya Situbondo Ds. Krajan Kec. Tapen Kab. Bondowoso guna memberikan penguatan dan pembinaan dengan menanamkan nilai–nilai wawasan kebangsaan bagi warga binaan kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Generasi Muda dan Elemen Masyarakat dengan tema “Nilai – Nilai Luhur Pancasila sebagai Momentum Menumbuhkan Semangat Gotong Royong”, Selasa (8/11/2022).

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Sambut Kunker Pangdam V Brawijaya Beserta Rombongan ke Makorem 083 Baladhika Jaya

Dandim 0822/Bondowoso dalam mengawali materinya dengan menyampaikan informasi tentang perkembangan situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Bondowoso yang sampai saat ini masih dalam situasi aman dan kondusif.

Pointer yang disampaikan antara lain:

Gejolak di Papua dan Poso. Sejarah lahirnya Ideologi Pancasila. Perumusan Calon Dasar Negara. Untuk Indonesia Merdeka. Sejarah Lambang Negara. Ketetapan MPR No. II/MPR/1978.tentang

Pancasila meliputi :
1) Ketuhanan Yang Maha Esa.
2) Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab.
3) Persatuan Indonesia.
4) Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan.
5) Keadilan sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

BACA JUGA :  Babinsa Tamankrocok dan Masyarakat Laksanakan Kerja Bakti Pelebaran Jalan

Hakikat Pancasila meliputi :

Jiwa & Kepribadian Bangsa. Pemersatu Bangsa dan Perjanjian Luhur Bangsa.

Makna Pancasila meliputi :

Kekuatan yang sah. Alasan kuat, benar dan adil. Dapat diterapkan pada tempatnya. Dapat mengerjakan atau menyelesaikan hal yang dirancang sebagai konsensus sasar perekat Bangsa. Mampu menghadapi masa depan. Pancasila adalah Ideologi terbuka dilihat dari segi dimensi.

BACA JUGA :  Komandan Kodim 0822 Hadiri Rapat Koordinasi Patroli Pengawasan Pembersihan Alat Peraga Kampanye

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, M. Tr.Hanla, Komisi I DPRD Bondowoso, Bpk. M. Irsan Marwauda Bahthiar, Pj. Kepala Bakesbangpol Bondowoso, Ir. Winarno

  1. Staf Kejari Bondowoso, Danny Aritama, SH dan BPIP/JPM Bondowoso, Bpk. Joko Nugroho, MM, M.Sc., serta Muspika Kecamatan Tapen.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : jas