Peduli Palestina: Usai Rapat Paripurna Ahmad Dhafir Galang Donasi Dadakan

banner 468x60

BONDOWOSO, KLIKTODAY.CO.ID Atas kepedulian terhadap sesama, usai rapat paripurna Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir, inisiasi penggalangan donasi menggunakan kardus keliling untuk rakyat palestina yang terdampak peperangan melawan Israel di jalur Gaza.

Donasi tersebut digalang dari segenap anggota DPRD dan jajaran Forkopimda yang lain dalam Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda Tentang APBD Tahun Anggaran 2024 di gedung DPRD Bondowoso Selasa malam (07/11/2023)

Adapun perolehan galang donasi dadakan, dengan metode pungut menggunakan kardus keliling kali ini, mencapai taksasi belasan juta rupiah yang langsung diserahkan oleh ketua DPRD kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sidogiri cabang Bondowoso.

BACA JUGA :  Rapat Paripurna Tentang Raperda dan APBD Tahun 2024, Begini penyampaian Ketua DPRD Bondowoso

Menurut Ketua DPRD Bondowoso, H. Ahmad Dhafir, merupakan kewajiban kita semua yang harus merasa terpanggil atas nasib saudara kita yang ada di Palestina.

“Kita bantu dengan APBD tidak mungkin. Ini wujud syukur atas kemerdekaan kita Indonesia yang sudah 72 tahun. Saudara kita yang di Palestina pun juga ingin merdeka seperti kita,” katanya.

Menurut Ahmad Dhafir, semua tau di Palestina utamanya jalur Gaza, banyak korban berjatuhan termasuk anak-anak.

“Mereka butuh makan pengobatan dan lain sebagainya. Jadi, kita salurkan ke lembaga resmi yang netral tidak ada nuansa politik seperti Badan Amil Zakat Sidogiri ini,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemerintah Bondowoso Resmikan Bumdes Bersama Tenggarang Mandiri LKD

Ketua DPRD Bondowoso menambahkan, jika yang terpenting saat ini kita semua mendukung gerakan yang dilakukan di Indonesia.

“Negeri kita bebas aktif dalam mendukung Palestina. Ini terus kita dukung yang kemudian kita bisa menyisihkan sebagian anggaran dari rezeki yang ada untuk disumbangkan ke Palestina. Mudah-mudahan gerakan ini juga bisa ditiru oleh DPRD seluruh Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, sebagai penerima donasi, administrasi LAZ Sidogiri cabang Bondowoso Muhammad Gufron AR, mengaku jika pihaknya menerima donasi dari DPRD secara pemberitahuan mendadak.

“Alhamdulillah, gerakan kami dalam menggalang donasi sudah mendapat apresiasi dari anggota DPRD Bondowoso. Ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama,” ungkap M. Gufron.

BACA JUGA :  Bambang Soekwanto, Terima Amanah saat Pisah Sambut Bupati dan Wabup Bondowoso

Menurutnya, untuk penyaluran donasi ke palestina ini, satu input dari LAZ Sidogiri pusat ke kedutaan Indonesia yang ada di Palestina dan kemudian tim kedutaan melanjutkan ke jalur Gaza.

“Kemarin sudah diserah terimakan tahap pertama donasi sebesar Rp. 600 juta,” ungkapnya.

Masih Moh. Gufron, untuk taksasi global donasi di Bondowoso selama kurang dari satu bulan, hingga saat ini masih mencapai sekitar Rp. 30 jutaan.

“Gerakan ini (galang donasi red-) terus akan kita laksan sesuai perintah dari LAZ Sidogiri,” pungkasnya.