Nasib Bayi Yang Diduga Dibuang Orang Tuanya di Desa Grujugan Lor, Begini Kata Kadinsos Bondowoso

banner 468x60

Bondowoso- KLIKTODAY.CO.ID Nasib  bayi yang diduga  dibuang oleh orang tuanya di wilayah desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari Darussholah,  Kabupaten Bondowoso, pada Jum’at (6/10/2023) kamarin dalam kondisi baik.

Kepala Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan, dan Anak, Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB), Anisatul Hamidah, mengatakan, kondisi bayi berjenis kelamin laki-laki dan kuramg lebih umur 2 hari tersebut sehat. Dengan berat badannya 3 kilogram, dan panjang tubuh sekitar 35 cm

“Jum’at malam itu, sekitar jam 23 malam. Ada kendaraan, ada dua orang turun, menyampaikan pada Pak Hajar, saya titip bayi sebentar,” kata Anis.

BACA JUGA :  Forum Pengurangan Bencana di Kabupaten Bondowoso Begini Sambutanya Bupati Bondowoso

Ia menerangkan, kini bayi tersebut telah dirawat oleh Hajar karena ia menyebutkan bahwa siap untuk merawat bayi tersebut.

Hal itu, disampaikan saat Forkpimca dan Dinsos P3AKB datang melakukan pengecekan informasi yang berawal ramai di media sosial itu.

“Pak Hajar menyampaikan bahwa dia siap untuk merawat bayi tersebut,” urainya.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bondowoso Silaturahmi Bersama Jajaran Direksi PT Bumi Kironggo Joyo

Menurut Anis, kendati Hajar siap untuk merawat. Namun  proses administrasi adopsi harus tetap dilakukan. Karena itulah, Dinsos P3AKB telah berkomunikasi dengan UPT PPSAP, Sidoarjo untuk proses pengajuan adopsinya.

“Jadi ada laporan Polsek, administrasi kesehatan daei Faskes setempat. Termasuk kesiapan orang tua asuh,” jelasnya.

Selanjutnya, UPT PPSAP Jatim akan melakukan assesment kesanggupan orang tua asuh.

Kendati begitu, kata Anis, pihak kepolisian tetap akan melalukan penelusuran terhadap orang tua yang menitipkan bayi tersebut.

BACA JUGA :  Pemerintah Bondowoso Resmikan Bumdes Bersama Tenggarang Mandiri LKD

“Kalau itu kita serahkan sepenuhnya pada pihak berwajib,” katanya.

Plh Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati, dikonfirmasi di lokasi yang sama mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi langkah cepat penanganan yang dilakukan oleh seluruh pihak.

Dirinya pun telah meminta Dinsos P3AKB untuk segera memfasilitasi proses pengadopsian. Karena, kendati diadopsi secara administrasi harus sesuai aturan.

“Kita memberikan apresiasi kepada semua pihak yang bergerak cepat menangani permasalahan ini,” tuutupnya