Polri  

Polisi dan Warga Lakukan Evakuasi Tanah Longsor Akibat Hujan Lebat

Malang, KLIKTODAY.CO.ID – Tingginya curah hujan mengakibatkan sejumlah wilayah di Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, mengalami tanah longsor dan banjir lumpur yang memenuhi jalan penghubung antar kecamatan.

Anggota Kepolisian Sektor Kalipare dibantu warga sekitar melakukan upaya evakuasi longsoran material akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah Desa Kaliasri, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Senin (17/10/2022) siang.

Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana melalui Kapolsek Kalipare IPTU Kukuh Purwono mengatakan hujan lebat yang terjadi sepanjang hari, Senin (17/10), mengakibatkan banjir setinggi hampir lutut orang dewasa dan tanah longsor di beberapa desa.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Hadiri Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih oleh Mendagri

“Kami bersama petugas gabungan melakukan evakuasi longsoran material yang menutupi jalan. Kejadian longsor terjadi diduga karena terjadinya erosi sungai Kaliasri yang menggerus tanah di bawah tembok plengsengan,” ujar IPTU Kukuh.

Kapolsek melanjutkan, ada beberapa rumah warga di wilayahnya yang juga terdampak bencana akibat hujan lebat yang mengguyur seharian.

BACA JUGA :  Layani Pasien Kemoterapi dari 6 Kabupaten, RS
Bhayangkara Bondowoso beri Layanan Bhayangkara Prioritas

“Diantaranya di Dusun Krajan dan Dusun Bulurejo Desa Tumpakrejo terdapat masing-masing satu rumah warga yang terkena imbas tanah longsor. Sedangkan di Desa Sumberpetung air meluap hingga menggenangi sawah serta jalan penghubung antar desa menuju Desa Tlogosari,” jelas Kukuh.

Pihaknya bahu-membahu bersama warga membesihkan jalan dari genangan lumpur yang meluber ke jalan raya penghubung kecamatan, lanjutnya.

Menurut Kapolsek, dalam kejadian longsor tersebut tidak ada korban jiwa hanya saja terdapat kerugian materil dari peristiwa tersebut. “Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya saja kerugian materil yang ditaksir mencapai jutaan rupiah karena plengsengan jalan ambruk dan ada rumah warga yang rusak,” ungkap Kapolsek.

BACA JUGA :  Kapolres Bondowoso Pimpin Sertijab Kapolsek Wringin

Atas kejadian tersebut, pihaknya memberikan imbauan kepada seluruh warga untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada dikarenakan saat ini memasuki cuaca musim penghujan.  (hms/rd)