Polri  

Jalin Silaturahmi, Kapolres Malang Gelar Audiensi dengan Rumah Sedekah NU

Malang, KLIKTODAY.CO.ID – Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat jalin silaturahmi dengan tim Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama, di ruang Rupatama Polres Malang, Senin (26/9/2022) sore.

Rumah Sedekah NU sendiri adalah salah satu lembaga filantropi yang program utamanya bergerak di bidang pendidikan dan sosial kemanusiaan.

Berkantor di Perum Royal Orchid Blok E19 Desa Jetak Ngasri, Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Rumah Sedekah NU telah banyak membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi, tertimpa bencana alam, bencana kebakaran, dan lainnya.

Founder sekaligus inisator Rumah Sedekah NU, KH Noor Shodiq Askandar, dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah Sedekah NU mengembangkan program sedekah dengan pola kemitraan. Hasil dari pengumpulan sedekah kemudian disalurkan sesuai hasil pembicaraan dengan para donatur.

“Kami ingin hadir ingin membantu kesulitan masyarakat. Cara kerja kami bekerja dengan konsep kemitraan, yang kita sebut dengan Sahabat Rumah Sedekah,” jelasnya.

BACA JUGA :  Anggota Polres Kediri Kota Bersama Abang Becak Berhasil Gagalkan Aksi Bunuh Diri

Gus Shodiq, sapaan akrab KH Noor Shodiq Askandar, melanjutkan, Rumah Sedekah NU juga ikut aktif dalam penanganan Covid-19 diantaranya memberikan bantuan tabung oksigen, bantuan kepada anak yg terpapar covid, penggali kubur covid dan org isoman yang tinggal sendiri.

Secara rutin dan berkala juga memberikan bantuan kepada anak yatim, imam masjid, maupun marbot pengurus mushola yang tersebar di seluruh Kabupaten Malang, lanjutnya.

“Hari ini kami ingin menyampaikan kepada bapak Kapolres, barangkali ada hal yang bisa dilakukan bersama, kita siap berkolaborasi,” pungkas Gus Shodiq.

Sementara itu Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menyampaikan apresiasinya terhadap Rumah Sedekah NU karena dinilai banyak membantu dalam kegiatan sosial di masyarakat terutama di Kabupaten Malang.

BACA JUGA :  Kapolres Wimboko, Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan Asal Bondowoso Dirawat di RS Koesnadi

Wilayah hukum Polres Malang, lanjut AKBP Ferli, meliputi 30 Kecamatan dengan 2,6 juta penduduk, sedangkan personil Polres Malang hanya sebanyak 1.106 orang.

Dengan wilayah yang luas dan jumlah penduduk yang banyak maka 1 polisi untuk 2.600 penduduk sedangkan idealnya yaitu 1 Polisi untuk 400 penduduk.

Kedatangan tim Rumah Sedekah tentunya akan sangat membantu dalam menjaga kondusifitas dengan bentuk tugas sosial yang telah dilakukan di wilayah Polres Malang.

“Semua fenomena sosial pasti memberikan implementasi kepada kamtibmas. Selama kami berdinas di Malang terdapat beberapa kejadian seperti orang bunuh diri, kecelakaan lalu lintas dan lainnya sehingga perlu adanya komunikasi dengan tokoh maupun organisasi seperti Rumah Sedekah untuk membantu tugas Polri,” terang Kapolres.

BACA JUGA :  Wujud Kepedulian Kapolres Bondowoso Laksanakan Kegiatan Baksos Kepada Warga Kurang Mampu

Kapolres juga menyampaikan, bahwa selain tugas utama kepolisian, Polres Malang juga melaksanakan kegiatan sosial sebagai wujud nyata kehadiran Polri di tengah masyarakat.

“Diantaranya kami memberikan paket sembako kepada nelayan, pengemudi angkot, ojek online. Sedikit yang kami berikan semoga bisa membantu meringankan masyarakat yang terdampak penyesuaian harga BBM,” tambah Kapolres.

Kegiatan sore itu berlangsung dengan hangat diselingi dengan penyampaian pesan kamtibmas oleh Kapolres.

Tim Rumah Sedekah juga berkesempatan menayangkan video selayang pandang tentang profil dan kegiatan sosial yang telah dilakukan oleh lembaga tersebut melalui layar LED di ruang Rupatama.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan pemberian cendera mata.

Kapolres berpesan, kedepan apabila ada kesempatan bisa bergabung dengan Rumah Sedekah NU untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (rd)