TNI  

Babinsa Desa Sumber Pandan Berperan Aktif dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Program Sanitasi Kebun

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Sabtu (30/03/2024) – Babinsa Desa Sumber Pandan, Serda Nuryoko, terus menunjukkan peran aktifnya dalam mendukung program ketahanan pangan di wilayahnya. Serda Nuryoko melakukan pendampingan sanitasi kebun dengan fokus utama pada pem-basmian gulma pada tanaman jagung varietas Syngenta.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.30 WIB tersebut dilakukan di lahan milik Dinas Pertanian, yang berlokasi di Dusun Krajan Timur, RT 08/RW 02, Desa Dadapan. Luas lahan yang menjadi fokus sanitasi mencapai 4 hektar.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di wilayah kita. Sanitasi kebun menjadi langkah penting untuk memastikan tanaman jagung varietas Syngenta dapat tumbuh dengan optimal tanpa gangguan gulma yang bisa merugikan hasil panen,” ujar Serda Nuryoko.

BACA JUGA :  Tekan Stunting, Babinsa Koramil Grujugan Bantu Berikan PMT

Selain membasmi gulma, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menciptakan kondisi kebun yang lebih bersih dan sehat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Desa Sumber Pandan.

BACA JUGA :  Apel dan Patroli Sinerginitas Memelihara Kamtibmas Wilayah Kab. Bondowoso

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pendampingan sanitasi kebun tersebut berjalan dalam keadaan tertib dan aman. Babinsa Serda Nuryoko turut memastikan bahwa proses pendampingan berlangsung lancar tanpa hambatan yang berarti.

Masyarakat setempat menyambut baik kehadiran Babinsa dalam mendukung program-program pertanian seperti ini. Mereka berharap adanya sinergi antara aparat teritorial seperti Babinsa dengan instansi terkait akan semakin memperkuat ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di Desa Sumber Pandan.

BACA JUGA :  Kapolri Serap Aspirasi Masyarakat yang Jadi Korban Gempa Bumi Cianjur

Dengan kegiatan seperti ini, Babinsa Desa Sumber Pandan terus membuktikan perannya yang tak hanya sebatas keamanan wilayah, tetapi juga sebagai mitra yang aktif dalam pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat setempat. (Sup)