TNI  

Kodim 0822/Bondowoso Melalui Babinsa Grujugan Bersama Keswan Berikan Penyuluhan juga Vaksin Pada Ternak Sapi

banner 468x60

Bondowoso KLIKTODAY.CO.ID – Babinsa Koramil 0822/08 Grujugan, Sertu Sugik Hariyono melaksanakan pendampingan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan pada hewan ternak sapi dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bondowoso bertempat di Desa Dawuhan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, Sabtu (2/12/2023).

Babinsa Yang Akrab dengan Sapaan Pak Sugik tersebut mengatakan, dirinya selaku Babinsa sangat mendukung program pemeriksaan kesehatan pada ternak sapi serta pemberian Vaksin pada hewan ternak sapi oleh dinas pertanian dan peternakan, ini bertujuan untuk mengantisipasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD).
Melanjutkan keterangannya Sertu Sugik menerangkan LSD adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae, atau yang dikenal di masyarakat dengan penyakit lato-lato,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pelaku Pencurian Sepeda Motor, Dibekuk Satreskrim Polres Bondowoso

Ia mengatakan bahwa Salah satu kegiatan masyarakat Pujorahayu adalah beternak, termasuk itu ternak sapi dan kambing, baik perorangan maupun secara kelompok, dan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan ternak dirinya selalu berkordinasi dengan Keswan setempat dan untuk mengatasi sebaran virus, maka dinas terkait turun langsung memberikan vaksinasi pada sapi yang masih sehat di wilayah binaannya,” ujar Sertu Sugik.

BACA JUGA :  Sat Reskrim Polres Bondowoso Berhasil Ungkap Kasus Penggelapan

Selain memberikan pemeriksaan dan vaksinasi, tim juga memberikan sosialisasi ke warga yang mempunyai hewan ternak.

“Khususnya sapi untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan ternak dan memberi vitamin dan obat cacing, kegiatan ini dilakukan secara gratis agar dapat membantu peternak sapi,” terang Babinsa.

BACA JUGA :  Kasus Pengangkutan BBM Jenis Solar Ilegal, Berhasil Diringkus Polres Bondowoso

Dan berharap agar warga menjaga kesehatan ternaknya baik yang sudah di vaksin maupun belum nantinya agar tetap menjaga kebersihan kandang sapi, supaya tidak mudah terserang penyakit, jadi sebelum terjangkit penyakit sebaiknya diatasi terlebih dahulu dengan menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sebab penyebaran utama penyakit LSD melalui gigitan nyamuk dan lalat,” tutup Babinsa. (Yudi).