TNI  

Dandim 0822 Bondowoso Rembug Percepatan Penurunan Stunting

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang, dan kedua faktor penyebab ini dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK. Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badan menurut umurnya lebih rendah dari standar nasional yang berlaku. Standar dimaksud terdapat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan beberapa dokumen lainnya.

BACA JUGA :  Satgas Yonif Raider 514/SY Ikut Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Cartenz di Polres Nduga

Dandim 0822 dan Forkopimda Bondowoso mengikuti kegiatan upaya percepatan penurunan Stunting, bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso Jl. Letnan Karsono Kelurahan Blindungan Kabupaten Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., Kapolres Bondowoso diwakili Kabag Ops Kompol Raden Heru, SH, Kejari Bondowoso Sikana, SH., Kadis P3AKB Bondowoso Anissatul Hamidah, M.Si, Kadis BP4D Bondowoso Dra.H. Farida, Plt. Kadinkes Bondowoso Agus Winarno, S.E., M.M., Kadis Kominfo Bondowoso Ghozal Rawan, A.P MM, Ka Kemenag Bondowoso Moh. Ali Masyhur,S.Ag.

BACA JUGA :  Kasdivif 2 Kostrad Dampingi Wakasad
Tinjau Latihan Taktis Kompi Tempur Yonif MR 411/Pandawa

Ditempat yang sama Dandim 0822/Bondowoso menyampaikan, “Stunting adalah kondisi gagal tumbuh, penyebabnya adalah pola asuh yang tidak memadai dan gizi yang sangat kurang. Stunting ini sudah banyak kasusnya. maka untuk sunting ini adalah masalah yang serius.

Sudah ada peraturan Bupati Bondowoso No.23 Tahun 2022 tentang percepatan penurunan Stunting dan keputusan Bupati Bondowoso Nomor 188.45/263/430.4.2/2022 tentang tim percepatan penurunan Stunting

Maka untuk mendapatkan hasil upaya percepatan penurunan stunting ini harus betul-betul maksimal dan upayakan tingkat desa untuk selalu berkontribusi dalam membantu proses percepatan penurunan Stunting.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Sambut Baik Malam Anugerah Sinergitas

Terimakasih buat Instansi terkait yang sudah bersinergi termasuk para Danramil dan Babinsa jajaran Kodim 0822 yang sudah banyak mendukung tentang percepatan penurunan stunting di Bondowoso turun menjadi 5%

Tujuan rembuk Stunting ini adalah untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang sehat dan cerdas. dimana nanti kegiatannya yaitu upaya penurunan gizi buruk, jaminan kesehatan untuk masyarakat bondowoso serta pencegahan penyakit menular,” pungkas Letkol Arm Suhendra.

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : jas