TNI  

Kodim 0822 Bondowoso Terima Kunjungan Tim Wasrik Pos Audit Itdam V/Brawijaya

banner 468x60

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Guna mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan satuan khususnya di bidang program kerja dan anggaran, Kodim 0822 Bondowoso menerima kunjungan Tim Wasrik Post Audit dari Inspektorat Kodam V/Brawijaya, bertempat di ruang data Puskodal Kodim 0822, Kamis (25/4/2024).

Tim Post Audit Itdam V/Barwijaya yang dipimpin oleh Irutum Itutum Kolonel Arh Muharto Cusuma, S.Sos., bersama empat orang pengawas lainnya melakukan post Audit Was Internal Triwulan II Tahun Anggaran 2024 Kodim 0822 Bondowoso.

Katim Post Audit Itdam V/Brawijaya Kolonel Arh Muharto Cusuma, S.Sos., dalam sambutannya mengungkapkan, pihaknya bersama tim datang untuk melaksanakan pengawasan segala bentuk kegiatan yang diberikan dari Komando Atas terhadap satuan bawah khususnya di wilayah Kodam V/Brawijaya, sehingga apabila ada pengecekan dari satuan yang menangani bidang keuangan tidak ada kendala dalam bentuk apapun.

BACA JUGA :  Tes Urine Digelar Oleh Kapolres Bondowoso Guna Para PJU dan Anggotanya Tidak Terjadi Penyalahgunaan Narkoba

“Laksanakan pengawasan ini dengan baik, apabila ada sesuatu yang kurang paham, langsung tanyakan kepada pihak pengawas, sehingga bisa diarahkan sesuai dengan permintaan yang diinginkan oleh Komando Atas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu Dandim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., diwakili Kasdim Mayor Inf Tanuri menyampaikan, “Dalam siklus manajemen suatu organisasi, fungsi pengawasan, pemeriksaan dan kontrol sangat diperlukan. Hal ini, bertujuan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kesalahan atau penyimpangan terhadap aturan dan ketentuan penggunaan anggaran yang berlaku.

BACA JUGA :  Kodim 0822 Bondowoso Turut Andil dalam Pengamanan Kunjungan VVIP Presiden Jokowi di Banyuwangi

“Kegiatan ini memiliki arti penting dan nilai manfaat yang besar dalam meningkatkan kinerja organisasi. Karenanya, kepada para pejabat yang membidangi program kerja dan anggaran, diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Lebih lanjut Kasdim menegaskan, “Untuk memberikan data yang transparan dan akuntabel disertai bukti-bukti yang ada kepada para Perwira dan Bintara Staf yang membidangi program kerja di Kodim 0822 Bondowoso Sehingga, Tim Wasrik akan mengetahui program yang dilaksanakan apakah sudah sesuai dengan peraturan atau belum. Dan apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki untuk segera ditindaklanjuti, sehingga diperoleh prinsip ketaatan dan kepatuhan sesuai peraturan yang berlaku.

BACA JUGA :  Babinsa Koramil Prajekan Bondowoso dan Bhabinkamtibmas Pengamanan Sholat Idul Fitri 1444 H

”Wasrik Post Audit merupakan aplikasi dari salah satu fungsi manajemen, yaitu fungsi kontrol dan alat kendali bagi penyelenggaraan mekanisme kerja organisasi,” tandasnya.

Dikatakan, dengan kedatangan Tim Post Audit ini, akan mampu memberikan pencerahan dan solusi dalam peningkatan kualitas kinerja serta terwujudnya tertib administrasi menyangkut bidang Intel, Ops, Pers, Log dan Ter serta bidang keuangan di Kodim 0822 Bondowoso. (Sup).