Berita  

Akibat Pelebaran Jalan Gardu Atak Sukorejeo Bondowoso, Warga Darurat Air Bersih

BONDOWOSO, KLIKTODAY.CO.ID Warga Desa Wonokusumo, Kecamatan Tapen yang menjadi pelanggan PDAM mengaku kesulitan air bersih sejak adanya proyek pelebaran jalan di wilayah tersebut. Proyek pelebaran jalan Tapen – Sumber Wringin itu diduga menjadi penyebab aliran air pada  jaringan pipa PDAM tersendat.

Salah satu  warga Desa Wonokusumo, Kecamatan Tapen, Arik Kurniawan mengungkapkan keluhannya. Ia bersama warga lainnya berusaha sabar dari tanggal 14 September hingga saat ini kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Karena untuk kebutuhan air, Kami bergantung kepada PDAM” kata dia, kepada Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Jumat (3/11/2023)

BACA JUGA :  Bawaslu Gelar Apel Akbar Siaga Pengawasan, Tertibkan APK di Masa Tenang

Menurutnya, penyebab tersendatnya aliran air diduga karena pemindahan pipa PDAM yang dinilai tidak diperhitungkan oleh pengerjaan proyek pelebaran jalan di wilayah tersebut.

Dia menuturkan, setiap kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pasti menimbulkan dampak terhadap lingkungan, baik dampak positif maupun dampak negatif. Untuk itu perlu diperhatikan bagaimana melaksanakan pembangunan untuk mendapatkan hasil dan manfaat yang maksimum dengan dampak negatif terhadap lingkungan yang minimum.

BACA JUGA :  Kodim 0822 Bondowoso Gelar Pembinaan Jaring Mitra Karib

“Seperti pelebaran jalan ini, setiap daerah tidak sama, untuk wilayah Tapen ini ada pipa PDAM. Sebelum dimulai setidaknya ada Analisis mengenai dampak lingkungan hidup (AMDAL)” ujarnya.

Kendati demikian warga setempat  menyambut baik peningkatan infrastruktur tersebut, namun pemerintah juga harus memikirkan dampak dari aktivitas pelebaran jalan, jangan sampai warga kebingungan untuk memenuhi kebutuhan pokok air bersih.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bersama Forkopimda Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

“Kami berharap pemerintah daerah  atau dinas terkait bisa secepatmya menindak lanjuti keluhan warga” harapnya.

Sementara itu, pihak Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, dan Bina Konstruksi (BSBK) dan PDAM Kabupaten Bondowoso belum memberikan keterangan terkait permasalahan tersebut hingga berita ini tayang.