Dinsos P3AKB Bondowoso Gelar Apresiasi Duta Genre 2023, Ini Tujuannya

banner 468x60

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Duta Genre tahun 2023, di pendopo Bupati, Rabu (04/10/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Bondowoso, Hj. Anisatul Hamidah, MSi mengatakan bahwa maksud dan tujuan pemilihan Duta Genre ini untuk memberikan apresiasi kepada remaja, agar dapat menjadi contoh dan teladan yang baik.

“Baik dalam pola pikir, penampilan dan sikap bagi sebayanya. Juga untuk mencari bibit generasi berkualitas, untuk menyiapkan generasi emas berkualitas,” ujar Anis, sapaannya.

Anis menambahkan, pendaftaran dibuka sejak 15 hari yang lalu. Setelah dilakukan penilaian, tersisa 20 finalis, 10 putra dan 10 putri.

BACA JUGA :  Selama Bulan Agustus Polres Bondowoso Berhasil Ungkap Kasus Perjudian konvensional dan Online

“20 peserta tersebut nanti akan kami filter kembali menjadi 2 peserta terbaik yaitu peserta putra dan putri yang nantinya mereka akan mewakili Bondowoso dalam pemilihan duta Genre di Jawa Timur,” ucapnya.

Anis menegaskan bahwa untuk menjadi duta Genre bukan perkara mudah. Karena dilakukan seleksi yang ketat, mulai penilaian meliputi efektifitas, kognitif dan psikomotor yang dituangkan dalam bentuk makalah.

“Keaktifan, kreasi seni dan juga kemampuan masing-masing peserta. Ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh insan Genre Bondowoso di bawah binaan Dinsos P3AKB,” kata Anis.

BACA JUGA :  Perhutani Dan Kapolres Bondowoso Koordinasi Jaga Kawasan Hutan

Sementara itu, PJ Bupati Bondowoso melalui PLH Sekda, Hj. Haeriyah Yuliati,  mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini untuk meminimalisir terjadinya pernikahan dini.

“Persoalan yang sering terjadi di kalangan remaja adalah pernikahan dini, perceraian dini, sex pra-nikah dan penyalahgunaan napza (narkoba). Untuk itu perlu ada terobosan dan inovasi untuk mencegah hal tersebut. Diantaranya dengan menggalakkan program 8 fungsi keluarga,” ungkap Haeriah mantan Kadis PMD itu.

Delapan fungsi keluarga tersebut, urainya, adalah Fungsi Keagamaan, Sosial Budaya, Cinta Kasih, Perlindungan, Reproduksi, Sosialisasi dan Pendidikan, Ekonomi dan Pembinaan Lingkungan.
Menurutnya, pemerintah memiliki tugas untuk menyiapkan generasi emas.

BACA JUGA :  Babinsa Tlogosari, Selalu Dihati dan Dicintai Anak Sekolah Dasar

“Tidak mungkin kita mewariskan bangsa ini menjadi generasi yang lemah. Kita harus mempersiapkan generasi-generasi yang kuat agar kita tidak mudah dijajah,” imbuhnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya acara apresiasi duta Genre yang dilaksanakan oleh Dinsos P3AKB.

“Saya berharap, melalui acara ini, akan terbentuk duta Genre yang dapat mengajak para remaja Bondowoso untuk kembali ke keluarga. Karena hanya keluarga yang dapat memberikan rasa aman yang hakiki melalui konsep pendekatan keluarga,” pungkasnya.

Hadir Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kemenag, Camat dan dewan juri pemilihan Duta Genre tahun 2023.