Kabid Poldagri dan Pembinaan Ormas, Bakesbangpol Bondowoso, Hevi Irmawati, MM.

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID -Menjelang pemilihan umum (Pemilu) serantak 2024, bantuan hibah untuk partai politik (Parpol) di Kabupaten Bondowoso tidak ada kenaikan.

Kepala Bidang (Kabid) Poldagri dan Pembinaan Ormas, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bondowoso, Hevi Irmawati, MM. Menyebut nominal bantuan untuk Parpol di Bondowoso saat ini masih tetap seperti tahun sebelumnya, yakni  4.000 rupiah per-satu suara.

“Persuara itu Rp.4000 tetap sama dengan tahun lalu belum ada kenaikan sampai hari ini” kata Hevi, kepada lensanusantara.co.id, di kantornya, Senin (2/10/2023).

BACA JUGA :  Alun alun Ki Bagus Asra, Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Ajak Ribuan Masyarakat Bersholawat di Akhir Tahun 2023, Guna Keselamatan Bangsa

Hevi menuturkan, penerima bantuan tersebut hanya bagi Parpol yang memiliki kursi di DPRD saja. Sedangkan Parpol yang menjadi peserta pemilu pada  2019 tapi tidak lolos atau tidak memiliki kursi di DPRD, tidak mendapatkan dana Parpol tersebut.

BACA JUGA :  Jelang Akhir Tahun Kadivre, Mengadakan Lawatan ke Pejabat KPH Bondowoso

“Penerima Banpol hanya Parpol yang punya kursi di DPRD, itu sesuai perundang-undangan” ujar Hevi.

Dia menyebut, ada delapan Parpol di Bondowoso yang mendapat dana bantuan yakni PKB, PDI Perjuangan, Golkar, PPP, Gerindra, PKS, Demokrat dan PAN.

“Itu adalah Parpol yang memiliki kursi di DPRD periode 2019-2024”  ucap Hevi.

BACA JUGA :  POSBAKUM Pengadilan Negeri Bondowoso Gelar MASDARKUM

Dia berharap, pada pemilu 2024 nanti masyarakat juga berpartisipasi aktif mensukseskan hajatan lima tahunan bangsa, serta menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing.

“Adanya demokrasi bisa menciptakan keamanan, ketertiban, dan ketenteraman di lingkungan masyarakat. Demokrasi akan menjamin hak-hak setiap warga negara dan mengedepankan musyawarah untuk memecahkan solusi bersama” pungkasnya. (*/Ubay)

Penulis: YudiEditor: Supriadi