Polri  

Kapolda Jatim Ingatkan Problematika yang Dihadapi Driver Angkutan Online

banner 468x60

Surabaya, KLIKTODAY.CO.ID – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,M.H di dampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim menerima Audiensi dari PT. Grab Indonesia, yang dilaksanakan di Selasar Semeru Mapolda Jatim, Rabu (14/6/23).

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,menyampaikan, jumlah user dan driver Grab di Jawa Timur cukup tinggi seiring dengan tingginya angka kecelakaan yang terjadi karena faktor kelelahan, pelanggaran dan kelengahan.

Selain kecelakaan, hal lain yang perlu diwaspadai oleh driver angkutan daring adalah pencurian kendaraan bermotor ( curanmor ).

BACA JUGA :  Dukung Pengamanan Pemilu 2024, Kodam V Brawijaya Siapkan 18 Ribu Personel

“Kasus pencurian sepeda motor yang cukup tinggi di wilayah Jawa Timur juga menjadi satu problematika yang harus diwaspadai oleh driver ojek maupun taxi daring,” ujar Irjen Toni.

Terkait hal itu, Kapolda Jatim juga meminta kepada driver angkutan daring segera menginformasikan kepada Kepolisian.

“Apabila didapati satu tindak pidana di jalanan, segera informasikan melalui nomor telpon hotline Kepolisian setempat,” kata Irjen Pol Dr Toni Harmanto.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, menjelaskan seiring dengan program yang dijalankan oleh Polda Jatim mengenai Polisi RW, hal ini bersamaan dengan jumlah driver Grab yang banyak atau bisa disebut dengan komunitas.

BACA JUGA :  Gelar Baksos Kesehatan, Kapolri: Demi Keselamatan Masyarakat

“Driver yang nantinya akan dihubungkan melalui satu penyambung informasi atau aplikasi sehingga dapat membantu dalam pengamanan situasi Kamtibmas,” jelasnya.

Sementara itu, Head Public Affairs Grab Territory menjelaskan, keberadaan driver Grab di Jawa Timur yang cukup banyak membentuk satu komunitas melalui aplikasi yang saling terhubung.

Hal itu juga menjadikan driver Grab mampu memberikan informasi secara cepat apabila didapati satu tindak pidana yang terjadi di jalanan sehingga dapat membantu kinerja Kepolisian.

BACA JUGA :  Kapolda Jatim Pimpin Pembukaan Diklat Integrasi DIKMABA TNI dan DIKTUKBA Polri Tahun 2022

“Beberapa kali didapati bahwa personel Kepolisian yang menggunakan atribut daripada Grab sehingga memberikan efek positif bagi keberadaan Grab di masyarakat,” katanya.

Sedangkan Head Region Grab Jawa Timur, memohon kepada Dirlantas Polda Jatim untuk dapat memberikan slogan mengenai tertib di jalan raya sebagai pengingat para driver saat berkendara.

Hadir juga pada audensi tersebut diantaranya, Head Public Affairs PMI,City Manager Grab Surabaya, Operation Team, Public Affairs Executive Grab_ Indonesia. (Jas)