Berita  

Penghitungan Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten di Aula Hotel Ijen View, Berikut Penjelasan Junaedi

Kpu Bondowoso
Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Junaedi saat di ruang aula ijen view. (Foto: Dok. Supriadi/kliktoday)
banner 468x60

Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Proses penghitungan suara Pemilu 2024, mulai dari Pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/kota, di Bondowoso mulai dilaksanakan. Rencananya rekapitulasi penghitungan berlangsung selama tiga hari di Aula Hotel Ijen View sejak Senin (26/2/2024).

Menurut Ketua Komisioner KPU Bondowoso, Junaedi, penghitungan yang dilakukan tak jauh berbeda dengan model penghitungan tingkat kecamatan. Yakni dihadiri oleh Bawaslu, saksi-saksi dan seluruh PPK (Panitia Penyelenggara Kecamatan).

“Model penghitungan, D hasil tingkat kecamatan nanti kita sandingkan dengan apa yang disampaikan di kecamatan itu, Sirekap,” katanya.

BACA JUGA :  Bawaslu Gelar Apel Akbar Siaga Pengawasan, Tertibkan APK di Masa Tenang

Ia menjabarkan berkenaan dugaan temuan peserta Pemilu terkait suara bermasalah sendiri silahkan dilaporkan ke Bawaslu. Pihaknya sendiri mempersiapkan untuk menghadapi laporan itu.

“Seumpama, ada aduan di kecamatan ini, ya kita tindak lanjuti ya kita ketemu di sini, di rekapitulasi kabupaten ini,” ujarnya.

Sementara itu Kata Junaedi, pasti akan ada jeda jika ada dugaan suara bersamalah. Namun, penghitungannya akan dilakukan di akhir untuk dugaan suara bermasalah itu.

“Jadi, bisa jadi yang memang bermasalah di kecamatan itu kita taruh belakang aja,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pj Bupati Bondowoso Terima Penghargaan di Gedung Sasana Bhakti Praja Jakarta

Di tempat terpisah, Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, bahwa dengan kegiatan ini nantinya akan meresmikan hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 yang telah dihitung dan diverifikasi oleh KPU Kabupaten Bondowoso.

”Alhamdulillah Bondowoso bareng-bareng pelaksanaannya juga berjalan lancar. Kami ucapkan terima kasih untuk penyelenggara dari TNI Polri kejaksaan dan lain sebagainya, ” ucapnya.

Ia pun mengapresiasi jajaran TNI-Polri yang tidak mengenal batas waktu dalam mengawal penyelenggaraan pemilu 2024. Hasil Pemilu nantinya merupakan cerminan suara rakyat yang telah dipilih secara bebas dan demokratis.

BACA JUGA :  Malam Puncak Koramil 0822/03 Tegalampel meriahkan HUT TNI ke 78

” Mari kita terima hasilnya dengan lapang dada sebagai wujud kedewasaan dalam berdemokrasi, ” kata Pj Bupati Bondowoso

Diharapkan juga pemimpin yang terpilih nanti dapat memberikan dedikasi dan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya di Kabupaten Bondowoso.

” Kerja keras, integritas dan dedikasi Anda semua menjadi landasan keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2004 di Kabupaten Bondowoso, ” imbuhnya.

Kepada seluruh masyarakat Bondowoso diminta untuk tetap menjaga kondusifitas dan persatuan. Hasil pemilu adalah bagian dari proses demokrasi yang harus dihargai dan diakui oleh semua pihak. (Sup)