Mewujudkan Banyuwangi Bersinar, Bersih dari Narkoba

Banyuwangi, KLIKTODAY.CO.ID – Sebanyak 45 mahasiswa dan mahasiswi Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung, Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur melakukan kunjungan kerja di Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara Indonesia (LRPPN-BI) DPD Banyuwangi.

Kunjungan kerja tersebut sekaligus sebagai ajang Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa dan mahasiswi BKI di Panti Rehabilitasi Narkoba Terpadu yang beralamat di JL Kepiting No 89 Tukang Kayu, Banyuwangi. Bahkan dalam giat itu langsung didampingi Ka. Prodi BKI, Halimatus Sa’diah, S.Psi., MA., beserta beberapa jajaran dosennya, Kamis (11/8/2022).

BACA JUGA :  Gotong Royong, Polres Bojonegoro Evakuasi dan Beri Bantuan Korban Bencana Angin Kencang

Dalam keterangannya kepada media ini, Halimah, sapaan akrab Ka. Prodi BKI IAIDA Blokagung itu mengatakan, bahwa pihaknya beserta puluhan mahasiswa dan mahasiswinya beserta beberapa dosen pendamping dalam rangka kunjungan magang atau praktek kerja lapangan (PKL). Sekaligus kegiatan dimaksud untuk memberikan gambaran bagi mahasiswa dan mahasiswinya agar mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan rehabilitasi tentang bahaya narkoba.

“Dalam PKL ini sekaligus mahasiswa dan mahasiswi kita diberikan kesempatan untuk praktek latihan dengan memberikan konseling kepada resident (pasien) yang sedang menjalani program rawat inap di Panti Rehabilitasi Terpadu LRPPN BI Banyuwangi ini,” beber Halimah

BACA JUGA :  LBH Abu Nawas Apresiasi Dibentuknya Media Network Perusahaan Pers Asli Bondowoso

Selain melakukan praktek konseling kepada beberapa resident, puluhan mahasiswa dan mahasiswi yang sedang PKL tersebut mendapatkan pembekalan beberapa materi terkait bahaya dan hukum narkotika yang nantinya bisa dijadikan sebagai referensi. Untuk referensi hukum UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, disampaikan oleh Hakim Said SH, selaku Pembina IPWL LRPPN BI, yang juga alumni Pendidikan Khusus Profesi Advokad (PKPA) Angkatan ke-2 tahun 2006 di Universitas Jember (UNEJ). Sedangkan pemahaman tentang bahaya narkoba dan rehabilitasinya dijelaskan oleh Rudi Purwantoro, SKep. NS selaku Konselor Adiksi di LRPPN BI Banyuwangi.

BACA JUGA :  Akp Sapari Menggelar Edukasi dan Sosialisasi Dengan Komunitas Motor, Disekitar Alun-alun Kraksan Probolinggo

Sementara Ketua LRPPN BI DPD Banyuwangi Muhammad Hiksan, MM, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada rombongan Ka. Prodi, dosen dan mahasiswa serta mahasiswi Prodi BKI IAIDA Blokagung, atas kunjungan kerjanya tersebut.

“Terimakasih atas kunjungannya, yang pasti kami dari IPWL LRPPN BI Banyuwangi welcome jika untuk kepentingan akademisi dan penelitian lainnya. Semoga keberadaan kami bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat luas lainnya. Dan kedepan, harapan kita bisa bersama-sama berjuang meminimalisirkan peredaran gelap narkoba dengan cara preventif sosialisasi dan edukasi,” tandas Iksan panggilan Ketua LRPPN BI Banyuwangi ini. (red)