Bondowoso, KLIKTODAY.CO.ID – Pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat adalah salah satu kunci utama dalam menciptakan masyarakat yang sehat. Dalam rangka mendukung program pemerintah,
Diketahui Puskesmas Tegalampel menunjukkan peran penting dalam memberikan Pelayanan yang sigap kepada seluruh pasien atau lapisan masyarakat, khususnya se kecamatan tagalampel dan/atau termasuk para pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS).
Puskesmas yang siap siaga dan tanggap dalam melayani pasien pengguna KIS, seperti yang terlihat di Puskesmas Tegalampel, termasuk Puskesmas Sigap, menjadi bukti nyata komitmen mereka dalam melayani kesehatan masyarakat. Jumat (8/11/2024)
Puskesmas Sigap memiliki sistem pelayanan yang efektif dalam menangani pasien KIS yang memerlukan cek kesehatan. Dalam prosesnya, petugas administrasi terlebih dahulu melakukan pengecekan Kartu Keluarga (KK) dan validasi data KIS pasien yang bersangkutan.
Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasien terdaftar dalam sistem KIS dan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang tersedia. Dengan begitu, pasien dapat menerima layanan kesehatan tanpa hambatan administratif.
Salah satu contoh keunggulan Puskesmas Sigap adalah kemampuan petugas kesehatan dan administrasinya dalam menangani pasien dengan cepat dan tanggap. Setiap pasien yang datang akan mendapatkan pelayanan awal berupa pengecekan data dengan waktu tunggu yang singkat.
“Ini sudah kewajiban saya mas, jadi kami disini kalau ada pasien kita harus sigap dalam pelayanan, dan ini intruksi dari Bapak Kapus Tegalampel,” tegas Farra Della Putri l Admin Puskesmas Tegalampel
Petugas kesehatan yang berkompeten kemudian akan melakukan pemeriksaan sesuai kebutuhan pasien, baik itu pemeriksaan umum, laboratorium, atau rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih lengkap jika diperlukan.
Selain itu, Puskesmas Sigap menyediakan area tunggu yang nyaman dan fasilitas lengkap, mulai dari ruang pemeriksaan yang bersih hingga ruang tindakan yang siap digunakan dalam keadaan darurat. Semua fasilitas ini didukung oleh tenaga medis yang profesional dan ramah, memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pasien.
Susana, salah seorang pasien mengatakan sangat berterimakasih terhadap pelayanan di Puskesmas Tegalampel
“Saya sangat puas dengan pelayanan di puskesmas ini, sangat sigap dan petugasnya baik,” tutur salah satu pasien yg ditemui di ruang IGD
Kecepatan dan ketepatan pelayanan yang diberikan Puskesmas Sigap dalam menangani pasien pengguna KIS tidak hanya membantu dalam proses penyembuhan, tetapi juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan yang tersedia. Dengan adanya pelayanan yang tanggap dan tepat waktu ini, masyarakat diharapkan lebih proaktif dalam menjaga kesehatan dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan.
Dengan demikian, Puskesmas Tegalampel dapat menjadi contoh bagi fasilitas kesehatan lainnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya bagi masyarakat pemegang Kartu Indonesia Sehat. (*)